Hamid Pimpin Rakor Ketahanan Pangan

Kepri, Natuna12 Dilihat

Putrakepri.com, Natuna – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal membuka secara resmi Rapat Koordinasi dewan ketahanan pangan, Di gedung asrama haji mesjid agung Natuna pada Selasa. 17 Desember 2019.

Dalam sambutan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, menuturkan sesuai dengan Undang – undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi, mengamanatkan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya berkewajiban membangun, menyusun dan mengembangkan sistem informasi dan mengembangkan gizi yang terintegrasi yang selanjutnya dapat di gunakan untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi serta sebagai sistem peringatan dini terhadap masalah pangan dan kerawanan pangan serta gizi.

“Untuk itu Ketersedian informasi data yang tepat, akan memudahkan dalam menetapkan prioritas intervensi program dan kegiatan. Program dan kegiatan akan lebih fokus sesuai dengan kebutuhan potensi wilayah,” paparnya.

Lanjut Hamid, Peta ketahanan dan kerentanan pangan Food Sercurity and Vulenrability Atlas (FSVA) menjadi salah satu instrumen acuan untuk membangun ketahanan pangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“FSVA tingkat kabupaten menyediakan sarana bagi para pengambil keputusan dalam mengidentifikasi daerah yang lebih rentan,” terangnya.

Untuk itu Hamid berharap program – program dari berbagai sektor seperti pelayanan jasa, pembagunan manusia dan infrastruktur yang berkaitan dengan ketahanan pangan, di harapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap kehidupan serta ketahanan dan gizi masyarakat di tingkat desa.

“untuk itu besar harapan saya kepada perangkat Daerah untuk selalu mendukung berjalannya program ini agar kedepan program ini mampu memperkecil resiko terjadinya kerawanan pangan,tutup Hamid. (Dika)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *