TP PKK Kota Tanjungpinang Dukung Gerakan Transisi PAUD KE SD

Kepri, Tanjungpinang99 Dilihat

Putrakepri.com, Tanjungpinang – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tanjungpinang mendukung sosialisasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kota Tanjungpinang.

Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Tanjungpinang, Ranny Gusfita Sari, dalam sambutannya mengatakan usia dini merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang peserta didik dan membangun fondasi pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan.

Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan juga bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan dasar keterampilan dan kematangan yang holistik.

“Sekarang ini kementerian pendidikan sedang gencar-gencarnya melaksanakan program transisi Paud SD yang menyenangkan,” kata Ranny, Selasa (6/2/2024).

Transisi PAUD ke SD tersebut, lanjut Ranny meliputi beberapa komponen seperti menghilangkan calistung pada saat penerimaan peserta didik baru, menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah selama 2 minggu, menerapkan pembelajaran yang membangun 6 fondasi dasar untuk pembentukan karakter anak.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyatukan pemahaman dalam proses pembelajaran yang sudah ditetapkan dalam kebijakan Kemdikbudristek,” sebutnya.

Ranny juga berharap kepada bunda PAUD untuk dapat memberikan kontribusi berupa masukan positif yang dalam meningkatkan pengelolaan dan mutu pendidikan.

“Mari bersama kita sukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ajaknya.

Ia berharap melalui gerakan itu dapat berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak menuju Indonesia emas 2024.

Sementara itu, Kepala Bidang II Pokja TP PKK Kota Tanjungpinang, Herlina Soesilowaty, menambahkan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan penguatan kepada masyarakat melalui PKK sesuai tingkatannya agar membantu mensosialisasikan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Peserta berjumlah sebanyak 24 orang yang terdiri dari perwakilan TP-PKK Kecamatan Tanjungpinang Timur dan TP PKK Kelurahan se Kecamatan Tanjungpinang Timur,” tambahnya. (Pk/Dinas Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *