Beranda Kepri Tanjungpinang PUPR Kota Tanjungpinang di Cuekin Haldy Chan

PUPR Kota Tanjungpinang di Cuekin Haldy Chan

0

Putrakepri.com, Tanjungpinang- Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang Rina Rezeki ST MT mengatakan bangunan yang telah di bangun pengusaha bernama Haldy Chan di kawasan jalan baru kilometer 8 arah Tanjung Uban kelurahan Air Raja, itu sudah sesuai site plan yang diajukan pada tahun 2012 dan pihaknya mengeluarkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) tersebut sebanyak 49 unit lantai 3. Walaupun kenyataannya pada pengajuan awal, pengusaha tersebut mengajukan pembangunan 44 unit ruko kepada pemerintah kota Tanjungpinang.

“Terkait bangunan baru yang kini sedang di bangun food court dan diatasnya akan di bangun hotel tiga tingkat dan puja sera pihak kami telah melayangkan surat teguran kedua agar di penuhi dulu penanaman penghijauan yang tertulis pada site plan yaitu 37 batang ekor tupai yang hingga kini belum dilaksanakan,” jelasnya saat di jumpai media ini di ruang kerjanya, Rabu (28/8/22).

Baca Juga :   Moment Imlek 2021 di Tengah Pandemi Covid-19 Berbeda Pada Tahun Sebelumnya

Rina membantah mengeluarkan dua surat nota dinas yang di tanda tanganinya pada bulan Februari 2020 dan tanggal 20 Juni 2020 terkait pengaduan masyarakat di media online Radarkepri.com yang berjudul pelanggaran IMB dilaporkan ke walikota, atas laporan Djodi Wirahadikusuma terhadap ruko milik Haldy Chan pada tanggal 11 September 2019 perihal surat teguran.

Dalam surat itu tertulis telah dilakukan investigasi oleh dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersama Sat Pol PP dan Penanggulangan Kebakaran dan Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) pada tanggal 16 September 2019.

Berdasarkan pengaduan masyarakat bahwa bangunan ruko tersebut tidak sesuai dengan IMB yaitu pembangunan ruko tidak sesuai IMB dengan tidak adanya ruang terbuka. Pembangunan parit selembar 2 meter dengan panjang 50 meter dengan menggunakan tanah Djodi. Kewajiban penanaman pohon tidak dilaksanakan dan parit resapan disisi Utara tempat berada di tanah Djodi merusak kontur tanahnya.

Baca Juga :   Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang Tutup Usia

Berdasarkan data dan fakta dilapangan pengaduan adalah bahwa halaman depan yang seharusnya dipasang paving Block ternyata dilaksanakan semenisasi. Parit yang seharusnya dibuat keliling ruko ternyata hanya di laksanakan pada bagian belakang ruko dan tidak hanya sampai ke drainase jalan sehingga aliran air tersebut mengalir ketanah milik Djodi. Dan didalam surat nota dinas tersebut juga diakui tidak terdapat vegetasi pohon palem sebanyak 37 batang seperti yang tertuang dokumentasi IMB dan di tanda tangani Rina Rezeki ST MT.

Surat teguran pihak PU atas laporan masyarakat itu sudah dilayangkan dua kali yaitu teguran pertama pada tanggal 21 Juli 2020 dan teguran ke dua 21 Juni 2022 kepada Haldy Chan namun tidak ada respon bahkan poin poin pelanggaran yang harus di penuhi pengusaha tidak satupun di laksanakan. Bahkan tetap membangun food court yang diatasnya akan di bangun hotel tiga tingkat dan puja sera.

Baca Juga :   Rahma Panen Jagung di Kampung Tangguh Sidomulyo

Diketahui pihak PU hingga kini belum mengeluarkan surat teguran ke tiga dan disinggung masalah surat teguran ke tiga yang di laporkan pada tanggal 22 Agustus 2022 dengan balasan surat pengaduan tanggal 29 Agustus 2022 namun hingga kini surat teguran ke tiga belum dikeluarkan oleh pihak PU untuk Haldy Chan.

“Kita tidak pernah mengeluarkan surat nota dinas dan surat teguran ketiga itu adalah masalah internal kami,” ungkapnya yang tidak mau di publikasi kan masalah ini karena sifatnya diskusi. Namun media ini datang jelas untuk menanyakan tindak lanjut teguran ke tiga dari pihak PU yang hingga kini belum dilakukan.

Dalam masalah ini pengusaha jelas tidak mengindahkan surat teguran pertama dan kedua bahkan tidak pernah memenuhi panggilan dari pihak PU. Ada apa dengan PU kota Tanjungpinang yang tidak tegas terhadap pengusaha yang lalai akan tanggung jawabnya. (DW)

Artikulli paraprakKapolres Bintan Cek Langsung Kesiapan Personil Polri Lakukan Pengamanan Hingga Ke TPS
Artikulli tjetërpemilihan Pilkades Desa Sebong Pereh Bintan Banyak Warga Tidak Masuk DPT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.