Beranda Kepri Natuna Waspada Musim Utara KKP Terima RDF Dari Pusat

Waspada Musim Utara KKP Terima RDF Dari Pusat

0

Putrakepri.com, Natuna-Kantor Pertolongan dan Pencarian (KPP) Natuna kedatangan tim Dit Sis Kom Basarnas pusat Komang Agus Eka Cahyadi, S.T Staff Penyusun Standardisasi Komunikasi dan Edi Pindonta dalam rangka Familiarisasi Direction Finder (DF) alat pencari sinyal distress (marabahaya).

Radio Direction Finder (RDF) adalah alat untuk menemukan arah, atau bantalan ke sumber radio.

Maexianus Bekabel Kepala KPP Natuna menuturkan Tujuan dari familiarisasi ini bermaksud agar proses deteksi dini dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

Lanjut Maexianus Natuna saat ini di musim utara dengan intensitas angin yang cukup kencang kemungkinan kecelakaan laut sangat berpotensi terjadi, oleh karenanya keberadaan Diection Finder ini diharapkan mampu mengurangi dan meminimalisir jatuhnya korban akibat kecelakaan laut karena mayoritas penduduk Natuna adalah nelayan.

Baca Juga :   Lantik 33 Kades, Hamid Tekankan Para Kades Untuk Bekerja Sesuai Undang-undang

Radio Direction Finder (RDF) dapat dipergunakan dalam navigasi pantai dimanapun kapal berada Kapal-kapal yang akan minta pertolongan karena dalam keadaan darurat kepada kapal lain atau stasiun pantai/darat, dapat menggunakan pemancar radionya sehingga dengan mudah akan ditemukan posisi kapalnya.

“Oleh karenanya jika terjadi kecelakaan laut KKP bisa beroperasi dengan cepat dalam menyelamatkan korban karena titik kecelakaan sudah terpantau dari satelit Radio Direction Finder”, jelas Maexianus.

Sedangkan Tim dari pusat Edi Pindo berharap dengan difasilitasinya DF, KPP Natuna dapat menjalankan tugasnya dengan cepat dan tepat dalam pencarian dan pertolongan terhadap korban sehingga jika terjadi kecelakaan maka akan di tanggapi dengan cepat sehingga kemungkinan meminimalisir korban akan sangat mungkin terjadi.

Baca Juga :   Warga Tionghoa Berbagi, Robet Pengusaha Natuna Antarkan Langsung Kerumah Warga

Edi juga berpesan kepada KKP Natuna untuk selalu menjaga dan merawat RDF dengan baik sehingga dapat di gunakan dalam dalam jangka yang lama.

Edi juga berharap seluruh nelayan Natuna menggunakan pemancar sinyal marabahaya perorangan, sehingga jika terjadi musibah maka Basarnas bisa cepat untuk melaksanakan pertolongan. (Dika)

Artikulli paraprak26 Pengurus Perbakin Natuna Dikukuhkan
Artikulli tjetërJelang Natal Dan Tahun Baru 236 Personel Gabungan Di Siagakan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.