Rapat Evaluasi DAK Fisik 2024, Sekda Zulhidayat Dorong Optimalisasi Sumber Pendanaan

Kepri, Tanjungpinang127 Dilihat

Putrakepri.com, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat,S.Hut memimpin rapat evaluasi pelaksanaan realisasi fisik dan keuangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2024, Jum’at (12/7/2024).

Rapat berlangsung di ruang rapat Raja Haji Fisabilillah, kantor Wali Kota Tanjungpinang, dan dihadiri Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Elfiani Sandri, Kepala KPPN, Teguh Irwono, Kepala Seksi Bank, Ahmad Adi Prasetyo, Kabag Administrasi Pembangunan, Muhammad Syukri, serta kepala OPD pengampu DAK Fisik.

Sekda Zulhidayat menyampaikan pentingnya percepatan realisasi DAK Fisik untuk mendukung pembangunan di kota Tanjungpinang.

“DAK Fisik salah satu instrumen penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan daerah. Untuk itu, kita harus memastikan realisasi fisik dan keuangannya berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,” ujar Sekda.

Sekda juga meminta kepada OPD pengampu DAK fisik dan non fisik untuk mengidentifikasi kegiatan di RKPD yang bisa mengoptimalkan sumber pendanaan dari APBN atau pendanaan lainnya yang sah untuk menopang program dan kegiatan di tahun 2025.

“Mohon tangkap betul kesempatan ini. Usulkan program dan kegiatan yang bisa didanai dari DAK dan pendanaan lainnya,” pungkas Sekda.

Melalui rapat evaluasi ini, Sekda berharap dapat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan DAK fisik tahun anggaran 2024, sehingga tujuan pembangunan yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik.

Kepala KPPN Tanjungpinang, Teguh Irwono, juga meminta para OPD untuk meningkatkan percepatan pemenuhan dokumen, karena pada beberapa pemda masih sering terjadi penyampaian dokumen persyaratan mendekati batas akhir pengajuan.

“Kita harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik, sehingga semua kendala yang ada dapat segera diatasi. Kami berharap melalui rapat ini, semua OPD dapat lebih memahami pentingnya pemenuhan dokumen tepat waktu, sehingga tidak ada hambatan dalam proses pencairan dana,” ucap Teguh.

Dalam rapat tersebut, para kepala OPD pengampu menyampaikan laporan mengenai progres pelaksanaan DAK fisik di bidang masing-masing. Mereka juga menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. (Pk/Dinas Kominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *