Beranda Kepri Tanjungpinang Puluhan Produk Kosmetik Ilegal Tanpa Badan POM Akan di Musnakan Loka POM...

Puluhan Produk Kosmetik Ilegal Tanpa Badan POM Akan di Musnakan Loka POM Kota Tanjungpinang

0

Putrakepri.com, Tanjungpinang-Kegiatan rutin setiap tahun Badan POM yaitu aksi penertiban pasar kosmetik ilegal atau mengandung bahan berbahaya oleh Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kota Tanjungpinang pada tahun 2022 dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk kosmetik yang tidak memenuhi ketentuan badan POM, Senin (1/8/22).

Dengan target aksi kosmetik tanpa izin edar, kemudian kosmetik mengandung bahan berbahaya dan kosmetik dalam kadaruasa atau rusak pengamatan di lakukan pada sarana yang terdiri dari importir distributor toko, kios klinik kecantikan dan salon. Pelaksanaan aksi penertiban pasar dari kosmetik ilegal dan mengandung bahan berbahaya. Sesuai Peraturan badan pengawas obat dan makanan nomor 22 tahun 2020.

Baca Juga :   DPRD Provinsi Kepri Sampaikan Laporan Pelaksanaan Reses 2021

“Dilaksanakan bersama lintas sektor terkait yaitu Dinas Kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kota Tanjungpinang. Aksi penertiban dilakukan selama bulan Juli 2022. Dan hasil pengawasan dari 6 sarana distribusi terdapat 3 sarana memenuhi ketentuan dan 3 sarana lagi tidak memenuhi ketentuan kemudian ditemukan 87 item atau sebanyak 377 bisnis produk kosmetik tanpa izin edar akan dimusnahkan,” terang Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kota Tanjungpinang Rai Gunawan S Farm Apt.

Produk ilegal di duga dari luar negeri seperti Malaysia dan Cina di dapat dari on line. Produk ilegal dan terbukti mengandung bahan berbahaya. Serta memberi sanki peringatan dan musnahkan produk produk tersebut. Ini rata rata baru pertama kali sekira 7 jutaan nilai nominal nya.

Baca Juga :   Harapan Masyarakat Harus Cepat Direalisasikan

“Jika terbukti lagi maka tindakan lebih besar lagi akan kita lakukan,” tambahnya

Sementara Duta Kosmetik Sarifah nazla Al qulsi, menyarankan agar para konsumen menggunakan produk yang sudah memiliki badan POM karena sudah terbukti tidak mengandung indrokuinon yang mengakibatkan iritasi kulit dan kanker kulit.

“Salah satu produk yang tidak memiliki badan POM yaitu skin solusion. Sementara produk aman di pakai yang pastinya draktsor atau di jual pada situs resmi. Seperti produk wadah, citra dan lain sebagainya sudah resmi ijin badan POM nya,” tambahnya.(ijun)

Baca Juga :   Ini Kata Lurah MKP, Terkait Bangunan Rumah BSPS di Lahan Milik Djodi

 

 

Artikulli paraprakKapolres Bintan Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian Kompol Junaidi
Artikulli tjetër25 Tabung Gas LPG Milik Warga di Gondol Maling

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.