Beranda Kepri Tanjungpinang Pentas Seni Kuda Kepang Sekar Kencana Feat TJT Menghibur Masyarakat Tanjungpinang

Pentas Seni Kuda Kepang Sekar Kencana Feat TJT Menghibur Masyarakat Tanjungpinang

0

Putrakepri.com, Tanjungpinang, Pentas seni kuda kepang Sekar Kencana feat Turonggo Jati Taruna (TJT) sempena acara tasyakurun hajatan pernikahan Anjar Seto dan Nani Purnama di jalan Delima kampung baru Tanjungpinang Barat, Sabtu (26/2/22)

Acara ini bentuk kekeluargaan dan gotong royong untuk memeriahkan acara tasyukuran dan memberikan hiburan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Said Ata Jauhari atau biasa di panggil Abah selaku pimpinan kuda kepang Turinggo Jati Taruna.

” Acara kuda kepang ini adalah peninggalan dari sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam. Dan kita sebagai generasi meneruskan akan menunjukan bahwa kuda kepang ini tidak lah sirik, ” terangnya.

Baca Juga :   Beri Motivasi untuk Kafilah dan Mahasiswa

Kebanyakan orang mengatakan kuda kepang ini sirik karena adanya kemaksukan-kemasukan yang tidak dipungkiri, bahwa pihaknya memanggil para leluhur dan pengurus kuda kepang ini menyediakan sajian berbentuk buah-buahan bertujuan jika ada yang kesurupan itulah makannya.

Sementara Satoharji Dalang selaku pengelola kuda kepang Sekar Kencana mengatakan acara kalborasi antara dua grup kuda kepang supaya berkerja sama dan ini sudah yang kedua kali.

“Sekar Kencana ini sudah 3 tahun lebih berdiri, harapan kami kepada pemerintah setempat agar memberi kesempatan agar kesenian-kesenian daerah itu ditampilkan. Untuk melestarikan budaya,” harapnya.

Baca Juga :   Sukseskan Festival Bahari Kepri

Kesenian kuda kepang ini dari Jawa Tengah khususnya Banyumas dan di yakini untuk didaerah Tanjungpinang ini sudah hampir belasan grup kuda kepang. Dan berharap diadakan perlombaan kuda kepang.

” Kita Kumpulkan ketua-ketua grup kuda kepang dan diadakan perlombaan selain itu untuk destinasi wisata itu penting. Guna membantu ekonomi kecil. Dan kita juga mengharapkan pembinaan dari perintah setempat,” sarannya. (Joen)

Artikulli paraprakLetkol Tommy Anderson Jabat Dandim 0315/Tanjungpinang
Artikulli tjetërTP-PKK Kepri Gelar Rapat Persiapan Sebagai Tuan Rumah HKG PKK Tingkat Nasional 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.