Beranda Kepri Tanjungpinang Krisis Keadilan Di Indonesia

Krisis Keadilan Di Indonesia

44
0

Putrakepri.com, Keadilan itu merupakan suatu hal yang sering dituntut banyak orang, banyak sekali orang yang dirugikan oleh keadilan.

Keadilan merupakan hal yang tidak bisa dilihat secara jelas, Sebelum kita menuntut keadilan sebaiknya kita harus mengetahui apa itu keadilan. Ada banyak sekali pengertian keadilan itu, kita bisa mengambil pengertian yang gampang di mengerti saja.

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. Keadilan, menurut filsuf termasyhur Aristoteles, dalam tulisannya.

Baca Juga :   AKBP Ucok LS Jadi Komandan Polisi di Kota Gurindam

“Retorica” yang membedakan keadilan dalam dua macam. Pertama, keadilan distributif. Keadilan distributif adalah suatu keadilan yang memberikan kepada setiap orang didasarkan atas jasa-jasanya atau pembagian menurut haknya masing-masing. Keadilan distributif berperan dalam hubungan antara masyarakat dengan perorangan.

Kedua, keadilan kumulatif. Keadilan kumulatif adalah suatu keadilan yang diterima oleh masing-masing anggota tanpa mempedulikan jasa masing-masing. Keadilan ini didasarkan pada transaksi (sunallagamata) baik yang sukarela atau tidak.

Keadilan ini terjadi pada lapangan hukum perdata, misalnya dalam perjanjian tukar-menukar. Keadilan yang ada di Indonesia sangatlah miris, banyak sekali masyarakat di Indonesia ini meminta keadilan kepada pemerintah Indonesia namun sering sekali mereka itu tidak di gubris oleh pihak pemerintah.

Baca Juga :   Kurang dari 24 jam Satresnarkoba berhasil Ungkap Tiga Kasus Narkoba

Masyarakat yang ada di Indonesia ini meminta keadilan supaya masyarakat itu hidup dengan adanya keadilan. Di Indonesia keadilan bisa dibeli menggunakan uang, apabila orang tersebut ingin medapatkan keadilan maka ia akan mengeluarkan uang agar mendapat keadilan yang sempurna.

Misalnya seperti hukuman yang diberikan oleh pengadilan atas kesalahan yang ia perbuat, apabila hukuman yang diberikan oleh pengadilan itu menurutnya tidak adil maka ia akan memberikan uang dengan jumlah yang banyak untuk meringankan keadilan tersebut.

Apabila orang yang diberikan hukuman namun tidak memiliki uang yang sangat banyak maka mereka akan medapatkan hukuman yang sangat lama dibandingkan orang yang melakukan pembayaran lebih tersebut. Sangat disayangkan sekali apabila kejadian ini terus-menerus dilakukan. Apabila ini terus-menerus dilakukan maka tidak ada keadilan yang terjadi dalam hukum di Indonesia ini.

Baca Juga :   Pom Lantamal IV Gelar Operasi Gaktib Gabungan TNI – Polri Beserta Aparat Penegak Hukum Pemko

Buat para pembuat hukum dan pelaksana hukum, mari kita bersama-sama memberikan keadilan buat hukum yang ada di Indonesia ini agar menjadi Negara yang adil dan makmur.( Opini Shepia Widianingrum)

Artikel sebelumyaGubernur Kepri Hadiri Pelantikan Danlantamal IV Tanjungpinang
Artikel berikutnyaKonsul AS, Gordos S.Church Kagum Budaya Melayu Di Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.