Beranda Kepri Tanjungpinang Hj. Yenni Heryantie : Kukuhkan Forum Anak Se Kecamatan Tanjungpinang Barat

Hj. Yenni Heryantie : Kukuhkan Forum Anak Se Kecamatan Tanjungpinang Barat

40
0

PutraKepri.com, Tanjungpinang – Pada acara pengukuhan forum anak Se Kecamatan Tanjungpinang Barat, yang dihadiri juga oleh Walikota, bertempat Aula Kantor Kecamatan, Jum’at (17/09/21) Pukul 14.00 Wib.

Dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak anak, khususnya partisipasi anak, maka perlu difasilitasi dengan pembentukan forum anak sebagai wadah pemenuhan hak partisipasi anak untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi anak, Seperti yang dijelaskan Hj. Yenni Haryantie, S.Sos dalam Kata Sambutannya.

“Forum anak merupakan salah satu sarana untuk berpartisipasi dan menyampaikan pendapat hak anak dalam setiap tahapan pembangunan dilakukan melalui forum anak seperti yang terdapat pada Peraturan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) nomor 18 tahun 2019 tentang penyelenggaraan forum anak,” Jelasnya.

Baca Juga :   Setia Menjaga Kesaktian Pancasila

“Peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang berasal dari forum anak Se Kecamatan dan Se Kelurahan Tanjungpinang Barat.” Tambahnya.

Acara yang juga dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahmah, S.IP, menuturkan forum anak ini berperan sebagai Pelopor dan Pelapor Serta partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan.

“Peran forum anak sebagai pelopor dilakukan dengan : Membangun kebiasaan positif, inovatif, dan kreatif yang dimulai dari dirinya sendiri dan mengajak orang lain untuk melakukan kebiasaan tersebut, dan peran sebagai pelapor sebagaimana dimaksud melaporkan hambatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dialami diri sendiri maupun orang lain kepada orang dewasa yang dipercaya oleh anak dan dianggap mampu melindungi anak.” Tuturnya.

Baca Juga :   Rahma Membuka Mubes ke V Perpat Tanjungpinang

Selanjutnya Rahma juga menabahkan peran forum anak melalui partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan sebagaimana dimaksud dilakukan dalam musyawarah perencanaan pembangunan pada wilayah di mana forum anak tersebut berada sehingga anak tersebut dapat menyampaikan aspirasi mereka atas hak-hak anak. (eRL)

Artikel sebelumyaMUI Menjadi Mitra Strategis Pemerintah
Artikel berikutnyaRuddi Ketua Terpilih Asosiasi Media Online Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.