Beranda Kepri Bintan Dua Puluh WBP Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Kemandirian Bidang Pengelasan

Dua Puluh WBP Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Kemandirian Bidang Pengelasan

81
0

Putrakepri.com, Bintan- Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang membuka pelatihan kemandirian bagi 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (23/03).

Kalapas Kelas IIA Tanjungpinang Wahyu Hidayat menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja dan Pegembangan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau.

“Pelatihan kemandirian ini dibidang pengelasan baik itu dalam pembuatan manufaktur atau pengolahan kerajinan berbahan metal, ” jelas Wahyu Hidayat.

Turut hadir juga dalam pembukaan pelatihan ini diantaranya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepri, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Kepala Balai Pemasyarakartan Kelas II Tanjungpinang, perwakilan dari Rutan Kelas I Tanjungpinang dan perwakilan Rupbasan Kelas II Tanjungpinang.

Baca Juga :   Wabup Buka Lomba Ironman 7.30 Bintan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin memimpin langsung dalam pembukaan Pelatihan Kemandirian tersebut mengatakan tugas dari pemasyarakatan adalah memanusiakan manusia.

“Intinya warga binaan harus kami rawat, bina, dan bimbing. Salah satunya adalah dengan program pembinaan kemandirian yang merupakan tugas Kalapas beserta jajaran, terutama Seksi Kegiatan Kerja bekerjasama dengan BLK PP Provinsi Kepulauan Riau.
Untuk menigkatkan keterampilan narapidana agar menjadi manusia yang produktif,” jelas Husni Thamrin.

Lanjut Husni, “ kepada warga binaan mengikuti pelatihan ini, mohon untuk serius dan disiplin selama pelatihan berlangsung,” pesannya.

Baca Juga :   Lahirkan Generasi Terbaik

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pelatihan tersebut adalah agar Warga Binaan Pemasyarakatan memiliki keterampilan pengelasan yang profesional, terampil dan juga bersertifikasi.

Hal ini berguna untuk bekal kelak setelah selesai menjalankan masa pidananya dan juga diharap kelak mampu menjadi warga negara yang memiliki penghasilan dan tidak menjadi beban negara atau menjadi masyarakat yang memiliki ekonomi mandiri.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kepala BLK PP Kepulauan Riau, Tri Ciptoningsih, ia sangat berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memberikan pelatihan pada program pembinaan kemandirian pelatihan pengelasan.

Baca Juga :   Kunjungan TK Kandil ke Mapolsek Tambelan

“Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan kemandirian ini warga binaan bisa menyerap, memanfaatkan dan mengikuti pelatihan sebaik mungkin. Harapan kami setelah bebas nanti WBP akan dengan mudah mempunyai pekerjaan karena keterampilan yang telah didapat selama di Lapas dan dapat diterima ditengah masyarakat,”ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh 20 WBP Lapas Kelas IIA Tanjungpinang dan akan berlangsung selama 3 ( tiga ) hari kerja yang dimulai pada tanggal 23-26 Maret 2021.

Pembukaan acara ditandai dengan penyematan tanda peserta terhadap WBP yang terpilih mengikuti pelatihan oleh Kepala kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau.

Pelaksanaan kegiatan tersebut tetap sesuai dengan protokol kesehatan.( Nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.