Beranda Kepri Bintan Karhutla Hanguskan Empat Hektar Lahan di Bintan

Karhutla Hanguskan Empat Hektar Lahan di Bintan

116
0

Putrakepri.com, Bintan- Telah terjadi Kebakaran Hutan (Karhutla ) untuk pertama kali di Tahun 2021 ini, di Bintan. Kebakaran Lahan sekitar 4 Hektar lebih di kampung Masiran, RT 07 RW 02, Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan Kepulauan Riau, hangus terbakar.

Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P.Silalahi, membenarkan akan hal ini pada konfirmasi Minggu (24/01) pagi.

” Ya benar telah terjadi kebakaran hutan tadi malam, kejadiannya sekitar pukul 18.30 Wib, kami turun langsung bersama- sama Damkar ke lapangan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Berkurban untuk Pencerahan Jiwa

Lanjut Monang, ” Api padam sekitar pukul 21.00 Wib, dan kami masih dalami terkait penyebab kebakaran hutan tersebut.

Dalam pemadaman api tersebut, tim Satgas Karhutla Toapaya, yang terdiri dari Polsek Gunung Kijang dan UPTD Damkar Toapaya, cukup kesulitan menuju lokasi titik api. Sehingga memakan waktu beberapa jam.

Pelanggaranit Karhutla yang terjadi, Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P. Silalahi juga menghimbau kepada masyarakat, ” Untuk saat ini memasuki musim kemarau, agar jangan membakar lahan dan hutan, karena hal tersebut merupakan pelanggaran hukum yang diancam sanksi pidana dan denda, ” jelasnya.Pelanggaran Karhutla, sesuai dengan UU nomor 32 Tahun 2009 pasal 108 bisa dikenai penjara 10 tahun dan denda 20 Milyar.

Sedangkan menurut Kepala UPTD Damkar Toapaya Nurwendi mengatakan terkait Karhutla tersebut, ” Kebakaran hutan ( karhutla) terjadi di Simpang K.E.K.Galang Batang, tidak jauh dari Koramil, atas laporan dari warga, Tim Satgas Karhutla Toapaya terima laporan dari warga, sekitar pukul 18.00 WIB. Tapi, pukul 21.00 WIB, api sudah mulai padam,” tuturnya.( Nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.