Beranda Kepri Natuna Perdana KMP Bahtera Nusantara 01 Buka Pelayaran Dari Dan Ke Natuna

Perdana KMP Bahtera Nusantara 01 Buka Pelayaran Dari Dan Ke Natuna

57
0

Putrakepri.com, Natuna – Semenjak Pandemi Covid-19 Natuna telah menutup seluruh akases pelayaran moda transportasi laut.

Namun dengan di tetapkan New Normal Pelayaran perdana dari dan ke Natuna kembali di buka.

Dibukanya kembali pelayaran tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Natuna nomor : 300/Gugus-Set/26/2020 tentang Pembukaan Pintu Masuk Pelabuhan Kabupaten Natuna melalui Transportasi Laut Umum.

Jumat pagi (17/07) KMP. Bahtera Nusantara 01 Bersandar di pelabuhan Roro, Penagi. Ini merupakan pelayaran perdana dengan membawa penumpang.

Peninjauan kapal KMP Bahtera Nusantara 01

Bupati Hamid Rizal dalam hal ini sebagai orang nomor satu di Natuna menyambut baik dengan dibuka kembali moda transportasi laut untuk masyarakat ini.

” Tentu masyarakat sangat menantikan hadirnya kembali kapal membawa penumpang ini, bagaimana tidak selama pandemi untuk keluar masuk Natuna hanya lewat udara ” Terang Hamid.

Baca Juga :   Sampai Natuna Isdianto Langsung Tinjau Proyek Jalan Batubi-Kelarik

Lanjut Hamid, dengan di bukanya kembali pelayaran ini tentu saja akan membuka tabir isolasi Daerah sehingga roda perekonomian juga dapat berjalan sebagaimana biasanya.

Namun mengingat Indonesia masih di masa pandemi Covid 19 Protokol kesehatan harus menjadi prioritas utama baik bagi para penumpang maupun kru kapal.

” Di situasi saat ini saya berharap di kapal juga ada tenaga medis sehingga dapat mendeteksi awal jika ada gejala-gejala Covid serta di lengkapi dengan ruang isolasi ” Pinta Hamid.

Selain itu, Hamid juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga aset Negara ini dan di manfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama.

Sementara itu GM PT ASDP Ferry Indonesia cabang Batam Arifuddin Ts SE mengatakan kehadiran kapal KMP Bahtera Nusantara 01 ini dalam rangka mendukung perekonomian di Provinsi Kepri khususnya Daerah Kepulauan.

Baca Juga :   Bupati Natuna Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

Kapal berkapasistas 378 penumpang dan mampu mengangkut 38 kendaraan campuran ini juga di lengkapi dengan fasilitas VIP 3 kamar.

” Kapal ini merupakan aset Negara yang di buat oleh Kementerian Perhubungan di amanatkan kepada ASDP sebagai Operator. Kapal ini di bangun pada tahun 2018 lalu dan selesai pada tahun 2019 namun karena pandemi sekarang baru beroperasi “, jelasnya.

Selain itu Arifuddin juga berpesan, mengingat KMP Bahtera Nusantara 01 ini masih baru Kami berharap kepada para penumpang untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak mencoret-coret tidak membuang sampah sembarangan baik di kapal maupun di laut serta tidak membawa barang-barang berbahya seperti Narkotika, sajam dan miras.

Masih di waktu yang sama Perwakilan Balai BPTD Riau Kepri Kemnhub Riskan, mengatakan KMP Bahtera Nusantara 01 ini  perdua minggu sekali akan melayani pelayaran ke Natuna.

Baca Juga :   Ketua DPRD Natuna Dukung Penuh Kebijakan Pembentukan Provinsi Natuna

Disamping KMP Bahtera Nusantara 01, tahun ini juga di bangun kapal khusus lintasan Tanjung Uban, Matak, Natuna, Serasan dan Sintete dan insyaallah akan selesai pada tahun 2021 dan mulai beroperasi tahun 2022 sehingga akan memperendek pelayanan menjadi 1 minggu sekali.

” Untuk lebih lanjutnya, kami juga sudah mulai membangun pelabuhan penyeberangan di Sedanau dan insyaallah 2021 akan di selesaikan oleh Pemerintah “, tutup

Tak meninggalkan tradisi acara di tutup dengan tepung tawar di pimpin oleh ketua LAM Natuna.

Hadir Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Aris Munandar, para FKPD dan para OPD.  (Dika) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.