Beranda Kepri Natuna Wan Siswandi Dan Letkol Czi Ferry Kriswardana Jadi Narasumber Seminar Bela Negara

Wan Siswandi Dan Letkol Czi Ferry Kriswardana Jadi Narasumber Seminar Bela Negara

71
0

Putrakepri.com, Natuna-Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi dan Dandim 0318/ Natuna Letkol Czi Ferry Kriswardana menjadi pembicara dalam Seminar kesadaran Bela Negara Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Natuna dalam mendukung kebijakan Pemerintah guna memperkuat NKRI di Gedung Sri Srindit, Jalan Yos Sudarso, Ranai, Kamis 30 Januari 2020.

Acara dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Natuna.

Suasana acara

Bertindak sebagai Moderator Seminar Budi Dharma S.sos Sekertaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Natuna. Seminar juga di hadiri oleh Kolonel (Laut) DR. Yanuar Adi Legowo SH ., M.A.P ,. M.Si Kepala Bagian Operasional BIN Daerah Kepri.

Dalam penyampaiannya Sekda Wan Siswandi tekankan kepada seluruh ASN agar selalu menanamkan rasa kecintaan terhadap tanah air sehingga rasa bela negara akan terus mengalir di dalam jati diri seorang ASN.

Pendidikan bela negara ini menjadi penting, karena hal ini merupakan kebutuhan legal. Secara hukum, khususnya merujuk pasal 30 UUD 1945, setiap warga negara memiliki kewajiban bela negara.

Baca Juga :   Menteri KKP Susi Pudjiastuti Didampingi Bupati Natuna Hamid Rizal Resmikan Operasional SKPT Selat Lampa

Lanjut Wan Siawandi Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan bela negara menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi negara yang sangat kuat. Serta untuk kepentingan masa depan, khususnya dikaitkan dengan segala bentuk potensi ancaman di masa yang akan datang.

Atas dasar hal di atas, pendidikan bela negara bagi seluruh warga negara adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi apalagi untuk para abdi negara seperti ASN.

Di lingkungan pekerjaan, pembinaan kesadaran bela negara diberikan kepada para aparatur/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Pegawai.

Dengan tujuan agar kesadaran bela negara dapat disosialisasikan dan diinternalisasikan di lingkungannya masing-masing, sehingga nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari dalam organisasi kerja.

Hal ini dilakukan agar mampu meningkatkan rasa disiplin, meningkatkan moral, meningkatkan rasa Cinta Tanah Air dan selalu mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Baca Juga :   Humas Pemkab Natuna Akan Melaksanakan Pelatihan Jurnalistik

“Sehingga perpecahan di dalam tubuh ASN dapat di hindari sehingga pelayanan terhadap publik akan terus terjaga dengan baik,” Jelas Wan Siswandi.

Sedangkan Dandim 0318/ Natuna Letkol Czi Ferry Kriawardana memberikan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara untuk mencegah paham Radikalisme.

Dandim Letkol Czi Ferry Kriswardana

Meningkatnya jumlah penduduk akan meimbulkan kelangkaan baik bahan pangan dan sandang di lingkungan masyarakat sehingga akan meningkatkan angka kemiskinan hal inilah bisa menjadi faktor lahirnya paham radikalisme jika segala kebutuhan yang ingin di dapat di lakukan dengan kekerasan dan perang.

Selain itu hal ini juhaga mampu melahirkan rasa saling curiga, meragukan ideologi, meruntuhkan rasa percaya diri/ Nasionalisme dan Delegitimasi Pemerintah dan tentu saja mampu menghancurkan dunia.

Lanjut Dandim penyebaran paham radikalisme mampu menciptakan keresahan dimana-mana. Semuanya bertujuan menghancurkan sendi-sendi negara.

Selain itu Dandim Letkol Czi Ferry juga memaparkan Natuna dengan cadangan minyak dan gas yang besar tentu saja menjadi primadona yang di perebutkan oleh beberapa negara.

Baca Juga :   Si Beres Di Harapkan Bawa Natuna Masuk TOP 45 Pelayanan Publik Se Indonesia

Lanjutnya, apalagi Natuna juga memiliki sumber daya perikanan yang melimpah, tentunya hal ini juga menjadi pemicu rawannya pencurian ikan dan jika saja Pemerintah serta masyarakat Natuna tidak sabar maka tindakan anarkis bisa saja terjadi sehingga paham radikal akan meluas di mana-mana.

“Untuk itu marilah kita bersama tanamkan jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI, perkaya wawasan keagamaan yang moderat, terbuka dan toleran, bentengi keyakinan diri dengan selalu waspada terhadap provokasi, hasutan dan pola rekruitmen teroris baik di lingkungan masyarakat maupun dunia maya, membangun jejaring dengan komunitas damai baik offline maupun online untuk menambah wawasan dan pengetahuan dan bergabunglah dimedia komunitas dalam rangka membanjiri dunia maya dengan pesan-pesan perdamaian dan cinta NKRI. Agar kita semua terhindar dari paham radikalisme yang terus mengintai,” Jelas Letkol Czi Ferry.

Hadir dalam acara Para OPD dan para ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna. (Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.