Beranda Kepri Natuna Bupati Buka Secara Resmi Seminar Peringatan Hari Ibu

Bupati Buka Secara Resmi Seminar Peringatan Hari Ibu

188
0

Putrakepri.com, Natuna-Bupati Natuna Hamid Rizal membuka secara resmi Seminar dengan tajuk “Membangun Generasi Milenial yang Berkarakter menuju Natuna maju dan mandiri” dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 di Sisi Basisir, Ranai, pada Rabu 19 Desember 2019.

Hari Ibu merupakan momen yang sangat penting untuk kembali meningkatkan peran dan keterlibatan perempuan dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Hamid Rizal dalam sambutannya mengatakan Hari Ibu yang peringati setiap tahun mengandung makna positif untuk mendorong eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan peningkatan kualitas hidup serta pemenuhan hak-hak dan kemajuan kaum perempuan.

Sambutan Bupati Hamid Rizal

Disisi lain juga menjadi pengingat bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

“Hal ini juga telah dibuktikan bawa perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat menjadi motor penggerak dan motor perubahan,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu peran perempuan yang sangat besar dan terpuji adalah dalam mendidik anak-anak membangun dan membentuk generasi muda yang berkualitas, oleh karena itu peran dan tanggung jawab seorang ibu harus ditingkatkan untuk menjawab tantangan dan perkembangan Global yang terjadi dewasa ini.

Baca Juga :   Ke Pulau Parit, Gubernur Pastikan Kebutuhan Masyarakat Jadi Prioritas

Selain itu perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini mendorong munculnya perilaku perilaku baru di kalangan muda milenial yang memerlukan perhatian kita semua.

Karena dengan kepedulian bersama kondisi ini dapat diarahkan menjadi perilaku yang positif mendukung terbentuknya proses pembangunan karakter yang ideal bagi generasi muda itu sendiri bagi keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara.

Namun perlu saya ingatkan bahwa prinsip kesetaraan Gender adalah pembagian peran dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan secara berimbang untuk itu dalam membangun generasi milenial yang berkarakter tidak hanya menjadi tugas perempuan sebagai seorang ibu tetapi juga tugas laki-laki sebagai seorang ayah.

“Untuk itu melalui kegiatan ini Saya berpesan agar kaum perempuan di Natuna senantiasa berupaya meningkatkan kualitas diri dengan memperkaya Khazanah diri dengan informasi dan pengetahuan terkini terus belajar dan upaya menyikapi problematika sosial yang terus berkembang dengan bijak serta turut berpartisipasi membangun daerah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” tutupnya.

Baca Juga :   Seluruh Fraksi DPRD Natuna Setujui APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Natuna Dr. Rika Azmi Abdullah dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Ibu merupakan momentum yang sangat berharga karena sebagai pengingat kepada kita semua bahwa ibu adalah sosok yang sangat luar biasa dengan segala keterbatasan dan tantangan yang dihadapi sehingga mampu menjalankan peran di dalam keluarga untuk mendidik dan menyiapkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas.

Sambutan Ketua pelaksana

Saat ini Kita patut berbangga karena perempuan Natuna diakui peran dan partisipasinya dalam pembangunan daerah serta penghargaan yang diberikan oleh internasional Human Resources Development Program (IHRDP) kepada ibu Bupati Nurhayati Hamid Rizal merupakan bukti bahwa perempuan Natuna dapat berperan aktif meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia khususnya kaum wanita.

Baca Juga :   Rayakan Kemerdekaan RI, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Stifar RiauTurut Ikuti Upacara Bendera

Rika juga memaparkan, selama rangkaian peringatan Hari Ibu juga telah dilaksanakan 12 rangkaian kegiatan antara lain, Lomba paduan suara, workshop peran perempuan, sosialisasi penanganan stunting, lomba hafalan ayat pendek, lomba menu olahan ikan, gerak jalan keluarga sehat dan bahagia, dialog interaktif dengan tema perempuan berdaya Indonesia maju, kegiatan edu aksi yaitu DSP3A go to school, bakti sosial, seminar membangun generasi milenial yang berkarakter menuju Natuna yang maju dan mandiri, apel peringatan Hari Ibu dan resepsi hari ibu.

Adapun anggaran seminar dibiayai oleh APBD Kabupaten Natuna melalui DPA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan menghadirkan dua Narasumber yakni Eri Syahrial Ketua KAPD Provinsi Kepulauan Riau dan Sofia Fauzi Ketua LSM Sirih Besar dan Konsultan P2TP2 Provinsi Kepulauan Riau.

Foto bersama

Terlihat hadir dalam acara Wakil II DPRD Natuna Jarmin Sidik, para FKPD, para OPD, Ketua PKK, Ketua GOW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Para pemangku kepentingan. (Dika)

Artikel sebelumyaHamid Harap KNGI Kembangkan Wisata Natuna
Artikel berikutnyaMari Hadiri Pesta Seni Purnama di Penyengat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.