Tanjungpinang

Disdik Kepri Menggelar Seleksi Lomba Literasi SLB 2018

Pemenang Seleksi Literasi Tingkat Provinsi akan mewakili Kepri ketingkat Nasional

Tanjungpinang, Putrakepri.com – Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, membuka lomba Literasi pendidikan khusus (PK) tingkat Provinsi Kepri tahun 2018, Sabtu (14/4/) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang.

Lomba Literasi PK mengambil tema “Tumbuhkan Budaya Membaca Dan Menulis Anak Negeri”.

Kabid Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Herman mengatakan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan pusat yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca anak peserta didik berkebutuhan khusus ditengah kemajuan teknologi saat ini, oleh sebab itu disinilah kita akan menseleksi anak-anak berkebutuhan Khusus yang ada di Kabupaten dan kota untuk dibawa ke tingkat Nasional.

“Sarana perpustakaan di setiap sekolah SLB sangat penting ini bertujuan untuk mendukung minat baca anak didik berkebutuhan khusus. Jadi supaya ada perpustakaan di setiap SLB yang ada kedepan saya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kepri agar ini terlaksanakan,

Kepalan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter pendidikan khusus Disdik Kepri, Raja Faisal yang juga sebagai ketua panitia pelaksana menambahkan, dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa, pemerintah meluncurkan sebuah gerakan yaitu gerakan Literan Pendidikan khusus.

Selain tujuan untuk menumbuh kembangkan budaya membaca dan menulis siswa di sekolah, kata Raja Faisal, juga untuk meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literan. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak, agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.

” Perkembangan peserta didik harus ada terobosan dan itu hendakya meibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabuputen kota, hingga orang tua peserta didik dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara target sasaran Lomba Literasi PK se-Provinsi Kepri 2018 ini, untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa. Dan peserta dalam lomba Literasi ini, masing-masing sekolah ada 6 orang peserta dan 3 orang pendamping.

Jenis lomba yg di pertandingkan lomba cipta dan baca puisi, juri untuk lomba Mastur dari kampus STAI Abdurrahman, dan  Andi Amri dari Penggiat Perlindungan Anak, untuk lomba bercerita dan penulisan kreatif, untuk juri saudari Laila SMP 10  Tanjungpinang dan Media Ambar Wati dari SD IT Ashakinah, sedangkan untuk lomba cipta komik dan karya tulis kreatif, berupa cerita,  cerpen dan opini, juri nya Redha Helmi dan pendamping ibu halimah dari gunung kijang sd 003,  bintan.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close
Close